Minggu, 12 Maret 2017

ONDE-ONDE CINTA NCC

Assalamu'alaikum
4Host menawan hati & NCC'ers semua
Onde onde salah satu kue tradisional kesukaan yg selalu dicari. Mulai dari bibi kue tampahan yg ngedar keliling kampung sampe toko kue & bakery yg ada di mall, hampir selalu sedia si bulat ini. Suka banget dg paduan rasa & aroma tepung ketan, isian kacang ijo serta wijen yg jadi satu, dg tekstur kulitnya yg agak kenyal tapi empuk manis isi dalamnya. Rasa yg tak pernah terlupakan, xixixi..
Nggak afdol rasanya kalo belum setoran onde onde. Special untuk event OMH week NCC ini, saya mengkreasikan bentuk, warna dan rasa onde onde yg diberi judul "onde onde cinta NCC" dg mencoba memodifikasi resep onde onde ibu Fatmah. Adonan kulitnya diberi sirup coco pandan dg mengurangi takaran air( saya ganti air dg santan) dan tidak memakai gula lagi karena sudah pas manisnya. Untuk isian juga saya pakai kacang merah yg sudah dikukus diblender dg santan dan dimasak sampai kalis dan bisa dipulung. Pertama kerjakan isiannya dahulu dibentuk love lalu disimpan di lemari es beberapa jam agar bentuk lebih kokoh. Lalu mulai membuat adonan kulit, dan siap diisi dan dibentuk love. Untuk memudahkan proses pembentukan onde onde adonan diletakkan antara dua plastik dan digiling dg rolling pin sampe tipis, baru letakkan isian kacang merah yg sudah berbentuk love segera tutup dan rapikan bentuk onde onde. Celup air dingin gulingkan ke wijen siap digoreng dg api kecil sampai mengapung. Alhamdulillah, resep NCC ini anti gagal walau sudah dimodifikasi sana sini hasil eksekusinya tetap memuaskan dan rasanya juara. Onde mande, hehe...
Langsung aja resepnya di bawah ini!

ONDE-ONDE CINTA NCC
Resep Fatmah Bahalwan
Modifikasi Alisa fatmawati

Bahan:
500 gr    tepung beras ketan
75 gr      tepung beras
250 gr    gula pasir(skip)
200ml     sirup cocopandan
½ sdt     vanilli(skip)
1 sdt      garam
400 ml   air(ganti santan& takaran dikurangi jadi 380ml santan)
200 gr    wijen putih
Pewarna makanan merah tua 8 tetes
Pewarna makanan coklat 3tetes
Pewarna makanan kuning 2tetes
minyak untuk menggoreng
Bahan isi:( takaran modifikasi)
500 gr      kacang merah, kukus hingga empuk)
150-200 gr gula pasir
1/2sdt         garam halus
350ml          santan
1 lembar     daun pandan
Cara membuat:
Blender kacang merah empuk dg santan sampai halus, tambahkan gula pasir, garam dan daun pandan, masak sambil terus diaduk hingga set dan bisa dipulung.angkat dan dinginkan.
Setelah dingin, ambil isian dan pulung dg tangan dan dibentuk love. Diamkan di lemari es beberapa jam agar isian lebih kokoh.
Cara Membuat :
1. Kulit: Campur tepung beras ketan, tepung beras, garam, aduk rata.
2. Panaskan santan hingga panas tetapi tidak sampai mendidih. Angkat. Tambahkan sirup cocopandan.
3. Tuang cairan sedikit demi sedikit ke campuran tepung, aduk rata sampai menjadi adonan yang bisa dipulung. Bagi dua adonan, setengah bagian dibiarkan pink tanpa pewarna dan setengah diberi pewarna makanan.
4. Ambil satu bulatan kecil adonan kulit, letakkan antara dua plastik bening. Giling tipis, letakkan isian yg sudah berbentuk love. Tutup rapat dan rapikan.
5. Celupkan dalam air dingin. Gulingkan pada wijen, tekan tekan agar wijen menempel rata.
6. Panaskan minyak, kecilkan api, goreng onde onde sampai mengapung dan kekuningan. Angkat.
Tips:
Rendam kacang merah dg air semalaman agar cepat empuk saat mengukus dan ketika dikukus jangan ditambahkan gula atau garam supaya tidak keras.
Ketika membentuk onde onde upayakan rapat dan padat agar isian tidak keluar saat menggoreng
Goreng onde onde dg minyak yg sudah dipanaskan lalu kecilkan api, agar onde onde tidak pecah dan matang sempurna sampai bagian dalamnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar