Jumat, 24 Maret 2017

Bola-bola Udang

Bismillah.

Assalamualaikum.

Hai ibu ibu host event online onde onde menawan hati. Ini saya setor kembali camilan berbentuk bulat walau bukan onde onde. Bola Bola udang. Resep pernah di posting di group FB NCC, resep yang posting mba Fah Ummi Yasmin. Aslinya sih untuk tekwan, namun saya modifikasi untuk camilan kedua anak saya. Tekstur nya renyah di luar,kenyal di dalam. 

Saya pakai udang karena gak ada stok ikan tenggiri yang bagus di pasar. Alhamdulillah anak anak suka sekali.

Ini resep nya
 
Bola-bola Udang
by Ineke Damayanti


Bahan bahan
250 gr daging udang tanpa kulit
150 gr tepung aci
100 ml air
1 butir telur

Bumbu bumbu
5 siung bawang putih haluskan
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula

Cara membuat

Saya pakai food processor, semua bahan kecuali tepung aci, di masukkan.

Aduk dengan kecepatan 1, baru mulai masukkan tepung aci sedikit demi sedikit.

Sudah tercampur rata,matikan mesin food processor nya.

Mulai panaskan minyak banyak dengan api kecil.

Dengan menggunakan tangan cetak seperti membuat baso. Lakukan sampai sekitar 10 bulatan baso di wajan, karena pas di goreng akan mengembang.

Goreng sambil terus di aduk supaya kering merata. Jadi permukaan luar bola bola udang kering merata untuk mencegah kisut ketika sudah dingin.

Kalau mulai mengering permukaan nya bisa di besar kan api nya. Lalu angkat dan tiriskan minyak nya.

Lakukan sampai adonan habis.

Siap disajikan. Alhamdulillah. Kalau anak anak langsung di makan gak pakai cocolan saus atau sambal.

Terima kasih ibu ibu host.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar