Jumat, 24 Maret 2017

Onde-onde Kumbu Ubi Ungu

Bismillah......
Akhirnya diwaktu yg sudah mepet ini sempat juga berpartisipasi utk even
onde2 ncc .....
Kenapa saya memilih kumbunya ubi ungu ya karena saya salah satu pencinta
ubi ungu :)
Utk resep onde2 ini saya ambil dr resepnya Catatan Nina untuk resep kulit,
dan resep kumbu ubi ungu saya pake resepnya mbak Resti Nsh aka mama chici
Kulit Onde2
Catatan Nina

Onde-onde Kumbu Ubi Ungu
by Cakra Sari

 
Bahan Kulit :
250 gr tepung ketan
35 gr tepung beras
50 gr kentang, kukus dan haluskan
125 gr gula pasir
1/4 sdt vanilli
1/2 sdt garam
200 ml air
100 gr wijen putih
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kulit :
1. Campur kentang, tepung ketan, tepung beras, gula pasir, vanilli dan
garam. Aduk hingga rata. 2. Panaskan air, cukup hingga panas saja, tidak
usah sampai mendidih.
3. Tuang air panas ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil
diaduk hingga adonan bisa dipulung. Saya pakai sekitar 150 ml saja, jadi
disesuaikan kondisi bahan kering ya, tambahkan bila adonan masih kering dan
hentikan penambahan air bila adonan dirasa sudah kalis
Kumbu Ubi Ungu
 
Resti Nsh (Bunda Chici)
Bahan-bahan
600 gr ubi ungu kukus, haluskan selagi hangat (saya pake ulekan yg
dibungkus plastik)
100 gr gula pasir
1 sdt garam
200 ml air
1 lembar daun pandan, potong2
Langkah
Siapkan wajan, campur semua bahan.
Masak dg api sedang cenderung kecil hingga air berkurang.
Angkat. Dinginkan.
Bulat2kan, letakkan diwadah tertutup, simpan dikulkas (untuk isian
onde-onde)
Penyelesaian :
Ambil adonan kulit+/- 25gr pipihkan tipis, isi dg adonan kumbu yg sdh
dibulat2in +/-@ 10gr
Bulat2kan celup ke air, dan guling2kan diwijen sp terbalur rata ,
Panaskan minyak agak banyak sp kira2 onde2 terendam, goreng onde2 sp
matang, tanda matang, onde2 sdh terapung dlm minyak.
Angkat tiriskan.
Demikian kiriman resep onde2 dr saya, trima kasih banyak buat 4 host
menawan hati....
Salam Onde2.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar