Selasa, 28 Februari 2017

Onde-Onde Kentang Isi Ubi Ungu

Assalamu'alaikum NCC-ers dan 4 Host menawan hati,

Yeay, ada event online lagi di NCC. Pengen ikutan ah. Saya belum pernah buat onde-onde, jadi searching resep di internet. Baca sana-sini, bandingkan review, tips dan trik. Sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah. Jadinya untuk kulit onde-onde, saya pakai resep Onde-Onde Kentang Mbak Nina di www.catatan-nina.blogspot.co.id yang katanya resepnya diambil dari IG Mbak Tati Widharti (Terima kasih resepnya ya, Mbak). Untuk kulit saya pakai setengah resep aja. Untuk isi saya pakai resep dari Sajian Sedap. Tekstur kulitnya chewy tapi lembut di dalam, crunchy di luar kalau baru digoreng. Onde-onde ini semalaman juga masih lembut. Krenyes-krenyes dan wangi wijen berpadu dengan lembut dan manisnya ubi ungu, bikin kita nggak cukup makan satu buah. Tapi makan 2-3 buah sih udah cukup. Soalnya saya bikinnya gede-gede hehehehe... Berikut saya sertakan resepnya:

Onde-Onde Kentang Isi Ubi Ungu
by Ira Nawang Wulan



Bahan Kulit:
250 gr tepung ketan
35 gr tepung beras
50 gr kentang kukus dan haluskan
125 gr gula pasir
1/4 sdt vanilli
1/2 sdt garam
200 ml air dan (saya tidak menggunakan semuanya, sesuaikan dengan kondisi bahan kering)
100 gr wijen putih (saya secukupnya)
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kulit:
1. Campur kentang, tepung ketan, tepung beras, gula apsir, vanilli dan garam. Aduk hingga rata.
2. Panaskan air, cukup hingga panas saja, tidak usah sampai mendidih.
3. Tuang air panas ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan bisa dipulung. 
4. Buat bulat-bulatan kecil, saya dapat 10 buah.

Bahan Isi:
150 gr ubi ungu, dikukus, dihaluskan
50 gr gula pasir
1 lembar daun pandan
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa saya pakai santan instan kemasan kecil, tambahkan air sampai 100 ml
1/4 sdt garam

Cara membuat isi:
Masak ubi, gula, daun pandan, santan dan garam sambil diaduk sampai kalis. Timbang masing-masing 10 gram (saya nggak timbang, jadi 10 buah). Bentuk bulat.

Penyelesaian:
1. Pipihkan adonan kulit. Kemudian buat cekungan dan beri isian. Tutup rapat dan bulatkan kembali.
2. Celupkan ke dalam air dingin kemudian gulingkan ke wijen. Kepal-kepal perlahan supaya wijen menempel dan membentuk bulat. Lakukan hingga habis.
3. Panaskan minyak, goreng onde-onde dengan api kecil hingga mengapung dan berwarna kuning kecoklatan.
4. Angkat dan tiriskan.

Salam Onde-Onde :-)

1 komentar: