Kamis, 16 Februari 2017

Bola-bola Susu

Bismillah.

Assalamualaikum.
Setor resep lagi walau bukan onde onde, namun bentuk nya bulat. Camilan yang pernah menjadi viral di dunia maya. Karena bahan nya sederhana dan sangat mudah membuat nya. Cocok untuk cooking class anak anak di sekolah. Eh ternyata saya buat juga untuk acara market day sekolah anak saya. Selalu dapat giliran setiap kelas untuk menyiapkan market day. Hi..hi..laris manis, pastilah. Lah wong rasa nya manis mirip permen pasti anak anak suka. Karena meminimalisir bahan aditif pewarna kimia makanan,yang pasti pihak sekolah sudah memberikan rambu rambu ya makanan sehat yang layak di jual di market day sekolah. Untuk perasa saya pakai bubuk green tea dan coklat bubuk saja.

Yang ingin membuat dengan melibatkan ananda di rumah bisa banget. Hanya kita siapkan dulu tepung sagu yang sudah di sangrai ya. Karena sangrai tepung sagu memakan waktu lama. 

Resep hasil browsing ya
 
Bola-bola Susu
by Ineke Damayanti
 
 

Bahan bahan
250 gr Tepung sagu tani
Daun pandan 3-5 lbr,sangrai bersama tepung sagu tani.
Susu kental manis 200 ml, kira kira 3/4 kaleng.
Susu Bubuk full cream 90 gr.
Ekstrak vanili, ini hanya untuk yang rasa original saja.
Gula donat secukupnya,saya pakai gula pasir terus saya blender, di ayak halus.

Cara membuat
Tepung sagu tani yang masih hangat, campur dengan susu bubuk,susu kental manis. Aduk rata sampai adonan tidak menempel di wadah.
Bagi 3 adonan. Adonan pertama beri ekstrak vanili, adonan kedua beri 1/2 sdt bubuk green tea. Dan adonan ketiga beri 1 sdt coklat bubuk.
Biarkan dingin dulu baru bisa di bulatkan sebesar kelereng. Saya timbang 20 gr masing masing.
Sudah di bulat kan gulingkan ke gula tepung. Biarkan dahulu sampai bentuk nya ajeg baru di taruh dalam wadah kedap udara.
Siap di sajikan.

Kalau menurut saya, rasa nya manis banget. Tapi anak anak itu pasti suka ya yang manis manis. Jangan lupa habis makan ini anak anak harus gosok gigi biar gigi nya tetap sehat tanpa lubang.

Terima kasih ibu ibu host. Selamat bertugas.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar