Selasa, 28 Februari 2017

Bola Bola Tape Nangka

Bismillah.

Assalamualaikum, ibu ibu host Onde onde Week. Saya setor resep camilan walau bukan onde onde. Resep yang di publish sama chef Bara di harian Pikiran Rakyat. Era 2006 belum mudah internet di akses. Kalau ingin browsing ya ke warnet. Dulu masih langganan koran. Nah setiap hari minggu ada kolom Masakan Nusantara yang berisi resep dari chef chef hotel berbintang atau chef pengajar. Suami yang rajin gunting lalu di kumpulkan, di bawa pulang terus saya di suruh eksekusi resep nya. Alhamdulillah, resep nya mudah di ikuti dan bahan bahan nya pun mudah di dapat. Ada salah satu resep yang menawan hati ketika itu yaitu Bola Bola Tape Nangka. Jadi tape singkong di isi potongan nangka lalu di goreng. Hampir mirip roti goreng. Di Bandung itu terkenal tape singkong nya yang lembut dan manis.

Ternyata gak menyangka dari resep potongan koran bisa menjadi camilan andalan kalau ada acara besar keluarga suami. Nangka juga di sini selalu ada walau katanya lagi gak musim. Aroma nya ketika di goreng...Masya Alloh harum tape singkong berpadu dengan nangka.

Ini resep nya
Bola Bola Tape Nangka
Chef Bara Patiradjawane
recook by Ineke Damayanti
 

 

Bahan bahan
300 gr tape singkong, halus kan.
100 gr tepung terigu.
50 ml susu cair.
1 butir telur.
1 sdm gula pasir.
1/2 sdt garam.
100 gr nangka,potong kotak.
Minyak untuk menggoreng secukupnya.
Gula halus untuk hiasan.

Cara membuat
Dalam wadah, campur tape singkong, terigu, susu cair,telur,gula dan garam. Aduk sampai tercampur rata. Adonan memang terasa lengket. Kemudian diamkan selama 30 menit. Tutup dengan serbet bersih ya.

Ambil adonan 30 gr,pipihkan lalu isi dengan 3 atau 4 potongan nangka. Bulatkan sampai halus permukaan nya. Sisihkan.

Lakukan sampai adonan habis. 
Panaskan minyak goreng. Sudah cukup panas, goreng bola bola tape. 
Aduk terus supaya bentuk nya bulat sempurna.
Angkat lalu tiriskan minyaknya.
Taburkan atas nya dengan gula halus.
Sebenarnya tanpa taburan gula halus,rasa bola bola tape ini sudah manis. Namun selera orang berbeda ada yang suka manis atau tidak.

Alhamdulillah, batita di rumah suka banget sama camilan ini. 
Terima kasih ibu ibu host Onde onde week. Selamat bertugas.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar