Selasa, 28 Februari 2017

BITTERBALLEN KEJU

salamuálaikum wr. wb, 
Saya setor lagi ya Ibu-Ibu 4 Host Menawan Hati. Kali ini saya buat Bitterballen Keju yang resepnya saya lihat di catatan-nina.blogspot.co.id (terima kasih resepnya ya, Mbak). Bikinnya pagi-pagi, sebelum pergi kerja, buat sarapan plus cemilan si Papa, Bang Razan dan Rayyan. Dek Raihan nggak dikasih, soalnya saya bikinnya pakai kornet. Masih menghindari makanan kalengan buat si Adek. Bahan dan cara pembuatannya simpel aja, cocok buat ibu-ibu (sok) rempong seperti saya. Heheheh...... Berhubung saya buru-buru, saya langsung goreng bitterballen sehabis melapisinya dengan bread crumbs. Bitterballennya lembut di dalam dan crunchy di luar. Kejunya melted. Makannya pakai saos sambal botol dan mayonaise. Yummy....

BITTERBALLEN KEJU 
by Ira Nawang Wulan
 
Bahan : 
100 gr margarin 
1 butir bawang bombay, cincang halus 
2 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus 
150 gr tepung terigu serbaguna 
350 ml susu cair 
200 gr daging giling yang sudah ditumis dulu (saya pakai kornet)
 garam, merica bubuk, pala bubuk dan gula pasir secukupnya 
1 batang daun bawang, iris halus 
50 gr keju cheddar potong dadu kecil  (saya pakai mozarella)
Pelapis : 3 butir telur, kocok lepas 
tepung panir secukupnya (saya pakai bread crumbs)
 
Cara Membuat : 
- Panaskan margarin hingga leleh, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. 
- Masukkan terigu, aduk rata hingga berbulir-bulir. 
- Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dan kental.
 - Masukkan daging giling yang sudah ditumis, bumbui dengan garam, merica bubuk, pala bubuk dan gula pasir. Aduk rata dan test rasa.
 - Masukkan daun bawang. Aduk rata dan matikan api.
- Setelah hangat, bentuk bulatan kecil, beri isian keju dan bulatkan kembali. Lakukan hingga habis. 
- Gulingkan bitterballen ke tepung panir, celupkan ke kocokan telur dan gulingkan kembali ke tepung panir hingga rata. Lakukan hingga habis. 
- Diamkan di kulkas selama kurang lebih 30-60 menit sebelum digoreng agar tepung panir menempel sempurna. (proses ini saya skip)
- Panaskan minyak, goreng bitterbalen hingga coklat keemasan. 
- Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar