Selasa, 31 Januari 2017

Onde-onde Ketan Hitam

Assalamualaikum, dear ibu ibu host event online onde onde, mau ikut setor hasil karya. Onde onde ini kue kesukaan saya waktu kecil. Dahulu kalau beli di pasar tradisional. Di jual masih dalam keadaan hangat. Isi nya pun masih kacang hijau yang masih ada kulit nya. Di kukus lalu dihaluskan bersama gula dan garam. Jarang banget ada di bakulan kue rumahan yang membuat onde onde. Sekarang onde onde sudah bertransformasi dari bahan kulit dan isi. Bisa di isi nougat kacang, keju, kacang merah, kacang merah dan ubi kukus.

Kali ini saya buat onde onde dari ketan hitam, karena anak saya sangat suka olahan ketan hitam. Sambil mengerjakan menu untuk bekal makan siang saya membuat adonan kulit onde onde dari tepung ketan hitam. Entah ya koq kalau tepung ketan hitam itu lebih banyak menyerap air. Jadi kalau buat adonan kulit, jumlah air yang di pakai tidak saya tuang semua. Sisakan sedikit saja untuk menambah nanti ketika akan di isi. Saya tutup dulu dengan plastik wrap,biar tepung ketan hitam nya menyerap air yang digunakan jadi ajeg bila di bulatkan.

Saya buat pakai resep Ibu Fatmah Bahalwan. Hanya saja tepung ketan putih saya ganti tepung ketan hitam.

Ini resep nya :
Recook by Ineke Damayanti



Bahan :
125 gr tepung ketan hitam
25 gr tepung beras
50 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk,saya gak pakai karena aroma tepung ketan hitam sudah enak
100 ml air
50 gr wijen putih
Minyak untuk menggoreng

Bahan isi
120 gr kacang hijau kupas,rendam
1 lembar daun pandan
3 sdm muncung Gula
1/2 sdt garam
2 sdm Santan bubuk saya ganti dengan 2 sdm Santan instan.

Cara membuat
Adonan kulit
Campur semua bahan menjadi satu kecuali air. Berikan sedikit sedikit, sekiranya sudah bisa di pulung tutup dengan plastik wrap, sisihkan sisa air. Di tutup plastik wrap supaya tepung ketan menyerap air dan ajeg adonan kulit nya. Saya tutup selama 1 jam,sambil menyiapkan menu bekal makan siang anak saya.
Sudah 1 jam uleni adonan,bila terasa kering bisa di tambahkan sisa air tadi.

Bahan isi
Kukus kacang hijau sampai empuk. Angkat lalu pindahkan ke wajan.
Masak bersama bahan lain sampai kacang hijau halus dengan sendiri nya. Kalau mulai mau gosong bisa di tambahkan santan sedikit lagi.
Sudah halus bahan isi, angkat lalu dinginkan.
Sudah dingin bisa di pulung sebesar biji kelereng untuk isian.

Penyelesaian
Saya timbang 25 gr bahan kulit, buat bulatan lalu pipihkan. Beri bahan isi lalu tutup dan bulatkan dengan mulus supaya gak pecah ketika di goreng.

Celupkan di air matang lalu gulingkan di wijen.

Lakukan sampai adonan kulit habis. 

Mulai menggoreng dengan api kecil dulu,jadi minyak nya hangat saja. Sudah mulai berbuih dan mengapung baru besarkan api lalu goreng dengan di bolak balik,supaya onde onde nya bulat sempurna.

Karena bahan kulit dari tepung ketan hitam, jadi gak kelihatan matang nya. Jadi lihat wijen nya sudah kecoklatan angkat lalu di tiriskan minyak nya.

Alhamdulillah, anak anak suka untuk camilan snack time. Rasa dan teksturnya  unik karena dari tepung ketan hitam.

Kalau bukan kita ibu nya yang mengenalkan jajanan tradisional,anak anak jaman sekarang gak akan tahu kue kue enak jaman dahulu yang tidak lekang oleh jaman.

Terima kasih ibu ibu host,selamat bertugas dan semoga tetap sehat selalu, Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar