Jumat, 27 Januari 2017

Onde-onde Isi Kacang Merah

Siapa sih yang tidak kenal dengan onde-onde? Pasti semua orang sudah tau dong yah, makanan yang bahan dasarnya terbuat dari tepung beras ketan dan wijen ini biasanya diisi dengan isian kacang hijau lalu digoreng sampai kering. 

Kali ini saya mencoba membuat onde-onde namun dengan variasi lain untuk isiannya, yakni menggunakan kacang merah (red bean paste). Saya menggunakan resep kulit onde-onde milik ibu Fatmah Bahalwan, dan isiannya menggunakan resep saya sendiri (Funny's Kitchen Recipe). Hasilnya? No more kutukan onde-onde, no more onde-onde meletus, no more onde-onde kempes, karena onde-onde yang saya buat ini dapat berdiri dengan kokoh dan dijamin tidak akan meletus pada saat digoreng juga tidak mudah kempes keesokkan harinya. Penasaran? Monggo diintip sedikit yuukk resep dibawah ini:

🍒Onde-Onde Isi Kacang Merah🍒
Made by: Funny's Kitchen 



Isian Kacang Merah (red bean paste):
500gr kacang merah + Air satu ruas jari dari permukaan paling atas kacang merah.
*Rebus dengan menggunakan panci presto (saya pakai pressure cooker electric). Setelah matang, sisihkan.

Blender kacang merah bersama air bekas rebusan (sedikit saja tidak perlu semua), lalu masak diatas api sedang bersama dengan 1 kaleng santan kental (400ml), 200gr gula pasir dan 150ml corn oil. Masak sambil diaduk terus, pada tahap ini memang agak lama sekitar 1 jam / sampai blenderan kacang merah berubah menjadi lebih padat dan mudah dibentuk dengan tekstur mengkilat. Kalau sudah matang, bentuk menjadi bola-bola kecil, sisihkan. Selanjutnya monggo dilihat cara buat onde-onde di bawah ini.

🍒Bahan kulit:
250gr tepung ketan (glutinous rice flour)
37,5gr tepung beras --> saya bulatkan jadi 50gr.
125gr gula pasir
1/4 sdt vanili
1/2 sdt garam
200ml air --> saya tambahkan sekitar 30ml lagi pokoknya sampai adonan dapat dibentuk dan kalis (dikira-kira saja).
100gr wijen putih --> saya pakai lebih dan disangrai terlebih dahulu.
Minyak untuk menggoreng

Cara buat onde-onde
- Campur semua: tepung ketan, tepung beras, gula, garam dan vanili dalam satu wadah. 
- Panaskan air sampai mendidih, lalu tuang ke dalam wadah berisi tepung, aduk rata. 
- Ambil kira-kira 30gr (sesuaikan dengan isian kalau isiannya kecil ya berarti bola bola tepungnya jangan terlalu besar), pipihkan lalu isi dengan bahan isi, kemudian gulung menjadi bola. Lakukan sampai habis.
- Ambil satu buah bola onde, celupkan ke dalam air, gulingkan di atas biji wijen. Lakukan sampai habis. 
- Goreng onde onde sampai kuning kecoklatan. Saring, lalu pindahkan ke piring saji, dan siap disantap. 

Tips: 
- Untuk hasil yang cantik, sebaiknya setelah dibaluri dengan biji wijen onde-onde tersebut ditekan memutar sekali lagi seperti membentuk bola dengan kedua telapak tangan, jadinya biji wijennya menempel dengan kuat ke dalam badan onde-onde yang masih mentah, sehingga pada saat di goreng dia tidak akan lepas.
- Goreng sebaiknya dengan minyak banyak. Ciri-ciri bahwa onde-onde matang dia akan mengapung ke atas permukaan dengan sendirinya. Mudah bukan? Selamat mencoba.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar