Senin, 10 April 2017

Klepon Buah Bit

Bismillah.

Assalamualaikum. Hai ibu ibu host event online onde onde Menawan Hati. Kali ini saya setor camilan kesukaan keluarga saya. Bentuk nya bulat walau bukan onde onde. Karena kalau buat camilan di rumah,batita ikut makan jadinya saya modifikasi resep dengan menambahkan buah bit. Alhamdulillah, semua suka termasuk batita,walau di buangin kelapa parut nya. Mungkin tekstur nya aneh ketika di kunyah. Ga apa apa ya nak mengenal berbagai macam tekstur makanan.

Resep saya ambil dari web NCC Indonesia, Klepon Ubi  NCC. Penggunaan ubi saya ganti buah bit, jadi takaran air di kurangi. Karena buah bit lebih berair dari pada ubi. Oh ya untuk isi nya saya pakai nougat, batita senang banget sama aneka kacang. Yang kriuk kriuk pokok nya lah.

Klepon Buah Bit
 
 

Bahan bahan
300 gr buah bit,kukus, blender halus.
120 gr tepung ketan,saya pakai 200 gr.
90 ml air hangat, saya hanya pakai 70 gr.
1/2 sdt garam
Vanili bubuk 1 sachet untuk mengurangi aroma buah bit.
Kelapa parut secukupnya,saya pakai seperempat butir,parut memanjang dan beri garam. Kukus 15 menit.

Bahan isi nougat

50 gr kacang tanah,sangrai lalu blender kasar.
2 sdm gula halus
Campur semua bahan jadi satu.

Cara membuat
Semua bahan di campur jadi satu kecuali kelapa parut. Tambahkan air nya sedikit demi sedikit ya soalnya suka ada buah bit yang berair banget. Sekira nya sudah tidak menempel di wadah berarti sudah cukup penggunaan air nya.

Ambil adonan sebesar biji kelereng. Pipihkan. Beri sejumput isi nougat. Bulatkan kembali sampai halus permukaan nya. Lakukan sampai adonan habis.

Masak air dalam panci sampai mendidih. Masukkan bulatan klepon,masak sampai mengapung. Biarkan 5 menit baru angkat. Tiriskan air nya.

Gulingkan ke parutan kelapa selagi hangat.

Alhamdulillah, klepon buah bit sudah siap tersaji.

Kalau gak mau pakai vanili bubuk juga gak apa apa,hanya anak anak gak suka aroma buah bit.

Terima kasih ibu ibu host event online OMH.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar